Cara Shalat Istikharah

Terkadang seseorang bingung menentukan sebuah pilihan diantara beberapa pilihan. Salah satu cara untuk menentukan sebuah pilihan yaitu bisa dengan Shalat Istikharah. Disini saya akan berbagi hal tentang Shalat Istikharah.

Shalat ISTIKHARAH.

Shalat istikharah ialah shalat sunah dua raka'at untuk memohon kepada Allah ketentuan pilihan yang lebih baik diantara dua hal yang belum dapat ditentukan baik buruknya. Yakni apabila seseorang berhajat dan bercita-cita akan mengerjakan sesuatu maksud, sedang ia ragu-ragu dalam pekerjaan atau maksud itu, apakah dilakukan terus atau tidak. Maka untuk memilih salah satu dari dua hal diteruskan atau tidak, disunatkan shalat istikharah dua raka'at.

Shalat istikharah dan shalat hajat waktunya lebih utama, jika dikerjakan seperti shalat Tahajjud yaitu di malam hari. dan dikerjakan seperti shalat biasa, sesudah selesai shalat dengan sempurna kemudian berdo'a dengan do'a istikharah dan setelah berdoa hendaklah memilih dalam hati, mana yang cenderung hati antara dua hal.

NIAT shalat Istikharah :

Ushalli sunnatal istikhaarati rak'ataini lillaahi ta'alaa. Allahu akbar.

Do'a Istikharah :

“Allahumma innii astakhiiruka bi ‘ilmika wa astaqdiruka bi qudratika wa as’aluka min fadhlikal-’azhiim fa innaka taq-diru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta’allaamul-ghuyuub. Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amra khairul lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibatu amrii faqdirhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fiihi wa in kunta ta’lamu anna haadzaa syarrul lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii fashriifnii ‘anhu waqdir liyal-khaira haitsu kaana tsumma irdhinii bihii”


 Keterangan :  

Waktu menyebutkan hal yang dimaksud dalam do'a tersebut di atas, hendaklah disebutkan apa yang dimaksud persoalan itu.

Sesudah berdo'a mintakanlah apa-apa yang baik dilakukan menurut cita-cita dan maksud kita itu. Apa yang mendatang yang kuat dalam hati dan mantap hati kita itulah kita lakukan dan yang baik kita perbuat.


Semoga bermanfaat. .Aamiin.

0 Response to "Cara Shalat Istikharah"

Posting Komentar