PUASA

PUASA

Puasa adalah salah satu dari rukun islam.
Hukum bagi seorang muslim dalam menjalankannya adalah wajib.
Puasa adalah Menahan diri dari makan,minum,hawa nafsu dan segala hal yang membatalkannya sejak terbit fajar hingga terbenammya matahari.

Puasa sudah ada sejak Nabi Adam a.s yang ketika itu diturunkan ke bumi, karena melanggar larangan Memakan buah khuldi. Di bumi selama kurang lebih 30 hari Nabi Adam dan Siti hawa tidak makan di siang hari dan hanya dapat makan ketika sudah malam atas izin Allah. Hal tersebut dikarenakan buah khuldi tersebut masih menyangkut di tenggorokannya. Namun ketika malam hari atas izin Allah mereka bisa makan.

Puasa mempunyai banyak Manfaat:

1. Meningkatkan kesehatan
2. Melatih Disiplin
3. Melatih Kesabaran
4. Meningkatkan jiwa sosial.

Kita akan mendapatkan manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan yang akan kita peroleh bila kita benar-benar menjalankan rukun dan syarat puasa yang benar, maka kita juga akan banyak mendapatkan hikmah bulan Ramadhan itu sendiri. 

Dibawah ini adalah beberapa hikmah bulan Ramadhan yaitu :

1. Salah satu dari hikmah keutamaan puasa ramadhan ini bagi Umat Islam adalah akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Hal ini berdasarkan sebuah dalil hadist yang berbunyi :”Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mencari ridha Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(Hadits Mutafaqun ‘Alaih).

2. Meningkatkan kita untuk bersyukur atas  banyaknya nikmat yang telah Allah Ta’ala anugerahkan kepada kita semuanya. Hal ini bisa kita lakukan dengan melakukan berbagai amalan kebaikan dalam bulan ramadhan seperti contohnya bersedekah kepada orang-orang fakir pada bulan Ramadhan mulia ini,

3. Puasa juga melatih untuk lebih mendekatkan dan menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat.


4. Ikut merasakan saudara kita yang tidak mampu makan maupun menjalani kehidupannya yang kekurangan.


Semoga bermanfaat....

0 Response to "PUASA"

Posting Komentar